Fakta Fakta Benua Antartika

Benua Antartika merupakan benua paling selatan di bumi dan terdapat kutub selatan. Selain itu, benua ini penuh misterius, penuh teori dan fakta-fakta yang masih diteliti.

Fakta Fakta Benua Antartika

Benua Antartika adalah benua yang paling selatan di Bumi. Luas wilayah Benua Antartika sekitar 14,2 juta km2 tergantung pada variasi cair dan bekunya gumpalan es yang berada di permukaannya. Benua yang hampir 98% ditutupi oleh lapisan es ini merupakah daerah yang memiliki iklim paling dingin, kering dan berangin di muka bumi ini. Wilayah Antartika yang tidak memilki penduduk asli ini hanya memiliki stasiun penelitian dengan beberapa staff permanen yang menghuni pada saat musim panas.

Saat ini, ada beberapa negara memiliki klain territorial aktif terhadap Antartika, diantaranya adalah Argentina, Australia, Chili, Perancis, Selandia Baru, Norwegia dan Inggris. Sedangkan Amerika Serikat dan Rusia belum menyatakan klaimnya terhadap Benua Antartika namun kedua negara tersebut menyatakan bisa melakukan klaim wilayah di masa yang akan datang. Wilayah Antartika ini dianggap sebagai benua oleh dunia internasional pada tahun 1840. Benua Antartika merupakan Benua Terbesar ke-5 setelah Asia, Afrika, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Inilah fakta-fakta umum benua Antartika, yakni sebagai berikut.

  • Luas Wilayah : 14,2 juta km2 (luasnya ini bisa bervariasi tergantung pada gumpalan es di permukaannya)
  • Garis pantai : 17,968 km
  • Titik Tertinggi : Gunung Vinson Massif 4,892 m
  • Titik Terendah : Gletser Denman, lebih dari -3,500 m dibawah level laut
  • Populasi : Tidak ada penduduk asli, namun ada sekitar 4400 peneliti di musim panas dan 1100 peneliti di musim dingin
  • Latitude/Longitude : 90° S, 0.00° E
  • Iklim : -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas